Memahami Resep Dokter, Alasan Minum Obat Sebelum dan Sesudah Makan

Beberapa resep dokter ada yang perlu diminum sebelum makan, ada pula yang dianjurkan diminum setelah makan. Ternyata, aturan ini bukan tanpa alasan, aturan minum obat tersebut ada karena obat dan makanan ada kaitan khusus sehingga ada anjuran tersebut.

Anjuran meminum obat sebelum atau sesudah makan juga tergantung dengan jenis obat tersebut.

Dikutip dari laman Premiun Times, makanan dapat memicu perubahan dalam tubuh. Perubahan ini termasuk meningkatkan suplai darah di usus, meningkatkan empedu dan juga tingkat keasaman. Perubahan yang terkait dengan kebiasaan makan kita menentukan penyerapan obat.

Oleh karena itu makanan yang kita makan dan minuman yang kita minum mempengaruhi pengobatan dan respon tubuh seseorang terhadap obat tersebut. Banyaknya proses yang terjadi dalam tubuh setelah kita makan inilah yang bisa menjadi pendukung ataupun penghambat kerja obat yang kita minum.

Mengapa beberapa obat harus diminum saat perut kosong?

Beberapa resep obat dokter jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan dapat mencegah perut dan usus menyerap obat, sehingga kurang efektif.

Atau, beberapa makanan dapat berinteraksi dengan obat, baik dengan menambah atau mengurangi jumlah obat dalam darah ke tingkat yang berpotensi berbahaya, atau tingkat yang terlalu rendah untuk menjadi efektif.

Dikutip dari National Health Service, beberapa makanan dapat menetralkan efek obat-obatan tertentu, misalnya jus anggur, jus cranberry, makanan tinggi vitamin K, seperti sayuran berdaun hijau, pengganti garam atau suplemen makanan tinggi potasium, seperti pisang.

Adapun, aturan umum meminum resep obat dokter yang harus diminum sebelum makan atau perut kosong yaitu sekitar satu jam sebelum makan, atau 2 jam setelah makan.

Melupakan instruksi ini pada kesempatan langka tidak akan membahayakan, tetapi meminum obat-obatan ini dengan makanan secara teratur dapat membuat kerja obat menjadi tidak bekerja.

Mengapa beberapa obat harus diminum dengan atau setelah makan?

Beberapa obat perlu diminum setelah makan. Tidak harus makanan berat, pasien dapat mengonsumsi sepotong biskuit atau sandwich, atau segelas susu, biasanya sudah cukup.

Beberapa alasan yang mendasari aturan ini adalah:

Anjuran minum obat setelah makan, pasien harus konsumsi resep obat dokter 30 menit setelah makan.

WILDA HASANAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.