Covid-19 Global Terkini, Catatan Angka Kematian Rusia Kejar Amerika

Jumlah kematian karena Covid-19 di Rusia sepanjang empat pekan ke belakang, yang dicatat secara resmi di negara itu, mencapai 32.474 jiwa. Angka itu nyaris mengejar jumlah kematian yang dilaporkan di Amerika Serikat yang sebesar 33.394.

Keduanya terlihat dalam dasbor data Covid-19 Johns Hopkins University, AS, sebagai dua negara penyumbang terbesar jumlah kematian global yang saat ini sudah mencapai lebih dari 5,1 juta kasus. Beberapa negara lain seperti India dan Brasil menyumbang 11 ribu dan 7 ribu per periode yang sama.

Inggris yang melaporkan penambahan kasus infeksi baru terbesar kedua setelah Amerika Serikat memiliki catatan korban meninggal sebanyak 4 ribuan. Yang relatif tinggi justru dari Eropa Timur–bersama Rusia, yakni Ukraina dan Rumania yang melaporkan 18 ribu dan 10 ribu kasus kematian.

Di Asia Tenggara, Filipina menjadi yang tertinggi untuk jumlah kematian yang sama. Data yang dilaporkan secara resmi sebesar 5.318 kasus. Menyusul tiga negara di belakangnya adalah Vietnam (2.065), Thailand (1.659) dan Malaysia (1.624).

Sedang untuk penambahan kasus infeksi baru, per periode yang sama, Filipina dan Indonesia yang sebelumnya mendominasi ‘papan atas’ di Asia Tenggara kini berada di bawah Thailand, Vietnam, Malaysia dan bahkan Singapura, lalu juga Laos. Untuk Indonesia, jumlah korban meninggal juga relatif rendah di kawasan ini.

Indonesia, per 28 hari terakhir, melaporkan penambahan sebanyak 13.702 kasus baru Covid-19 dengan kematian sebanyak 552 orang. Bandingkan, misalnya, dengan Singapura yang melaporkan penambahan 81.257 kasus baru dengan kematian 354 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.